Cara Mengecek dan Memperbaiki Hard Disk Atau SSD Yang Bad Sector Biar Normal Kembali

Gadgetren

Cara Memperbaiki Hard Drive Bad Sector - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadget – Bad sector pada komponen penyimpanan data mungkin menjadi salah satu masalah yang harus Anda hadapi jika salah menggunakan perangkat komputer atau laptop.

Bad sector secara umum dapat terjadi karena ada sebagian kecil dari storage sector yang tidak mampu merespon permintaan untuk membaca atau menulis data sehingga terlihat rusak.

Banyak hal yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi, seperti panas berlebih, kerusakan fisik akibat benturan atau guncangan, listrik yang tidak stabil, debu, virus atau malware, atau memang sudah usang dan aus.

Sayangnya, masalah ini dapat menghantui siapa saja yang menggunakan penyimpanan jenis hard disk drive (HDD) dan SSD (Solid State Drive) di perangkat komputernya.

Untungnya, Microsoft Windows secara khusus telah menyediakan alat khusus bernama Disk Check (chkdsk) yang dapat digunakan untuk memeriksa dan memperbaiki bad sector yang terjadi pada hard disk atau SSD.

Bagi Anda yang belum mengetahuinya, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut untuk mengecek dan memperbaiki bad sector pada hard disk atau SSD Anda.

Cara Memeriksa dan Memperbaiki Hard Disk dan SSD Bad Sector

Disk Check bawaan Windows biasanya akan melakukan pemeriksaan bad sector dan kemudian memperbaikinya secara otomatis saat komputer atau laptop mengalami masalah. Namun untungnya, Anda bisa mengaktifkannya secara manual.

Untuk melakukannya, Anda perlu membuka Windows Explorer dan kemudian pergi ke bagian PC ini (juga ditulis sebagai Komputer atau Komputer Saya) dengan mengetuk opsi yang sesuai.

Anda bisa melakukan selanjutnya klik kanan di drive untuk memeriksa dan memperbaiki masalah, lalu pilih opsi Properti dari menu pintasan yang muncul.

Cara Memperbaiki Hard Drive Bad Sector - 1

Dari kotak dialog yang muncul berikutnya, Anda dapat membuka tab Alat lalu pencet tombol Cek sekarang di bagian Status Pemeriksaan Kesalahan. Lalu klik Pindai Drive untuk mulai memindai bad sector.

Baca:  Cara Posting Instagram Di PC

Cara Memperbaiki Hard Drive Bad Sector - 2

Ada dua jenis bad sector yang dapat menyerang komponen penyimpanan dalam hal ini, yaitu bad sector fisik (hard) dan logis (lunak). Keduanya memiliki dampak yang sangat berbeda.

Bad sector keras adalah kerusakan yang terjadi secara fisik. Penyebabnya cukup beragam, mulai dari benturan fisik, cairan hard disk kering, atau masuknya debu sehingga menggores hard disk memori. Sayangnya, tipe inipun sulit diperbaiki.

Berbeda dengan itu, soft bad sector adalah kerusakan pada sisi software. Ini bisa disebabkan oleh komputer tiba-tiba kehilangan daya, merusak data aplikasi, hingga serangan malware atau virus.

Bad sector lunak sendiri adalah jenis yang dapat diperiksa dan disembuhkan menggunakan Pemeriksaan Disk. Namun, jika alat Windows bawaan gagal menanganinya, itu bisa menjadi jenis sektor yang buruk atau benar-benar membutuhkan tindakan lebih lanjut seperti pemformatan tingkat rendah.

Saran saya, Anda bisa segera menghadirkan hard disk atau SSD kepada orang yang lebih ahli jika menemukan masalah ini. Tapi sebelum itu, ada baiknya buat backup data di dalamnya.

Baca lebih lanjut tentang gadget di gadgetren.com

Postingan Cara memeriksa dan memperbaiki hard disk atau SSD bad sector agar kembali normal pertama kali muncul di Gadgetren.